Solusi Azure Backup Untuk UKM

Azure Backup adalah layanan backup berbasis Microsoft Azure yang dapat digunakan untuk membuat cadangan dan mengembalikan data di cloud Microsoft. Azure Backup menggantikan solusi backup lokal yang ada, dengan solusi berbasis cloud yang handal, aman, dan kompetitif dalam biaya. Azure Backup memiliki komponen atau agent yang bisa didownload dan diinstal pada computer yang diperlukan seperti server maupun workstation. Komponen atau agent yang diinstal dapat digunakan untuk menghubungkan komputer lokal ke Azure untuk melakukan backup file, aplikasi maupun virtual machine.

Mengapa Pilih Azure Backup

Microsoft Azure Backup memungkinkan backup dan mengembalikan data dari data center Microsoft. Hal ini memungkinkan Anda untuk melindungi aset penting Anda di manapun berada dan memungkinkan Anda untuk mengelolanya dari satu portal. Azure Backup dirancang untuk menggantikan sistem cadangan tradisional yang ada saat ini, umumnya ditujukan untuk menghapus Infrastructure Tape. Dengan Azure Backup juga dapat menggunakan Geo-Replikasi, efektif replikasi data 6 kali di 2 pusat data dan dengan layanan ketersediaan 99,9%, dan dapat dipastikan bahwa data aman.

Manajemen Penyimpanan Otomatis: Jika menggunakan backup dengan teknologi Hybrid membutuhkan penyimpanan lokal dan cloud, sedangkan dengan Azure Backup tidak diperlukan perangkat penyimpan lokal sehingga mengurangi biaya. Azure Backup otomatis mengalokasikan dan mengelola penyimpanan cadangan. Azure juga sangat scalable dan bekerja pada model berbasis konsumsi, di mana Anda hanya membayar untuk apa yang Anda gunakan.

Beberapa Pemilihan penyimpanan: Azure Backup menawarkan dua jenis replikasi Locally Redundant Storage (LRS) dan Geo-Redundant Storage (GRS), anda bisa memilih opsi penyimpanan sesuai dengan kebutuhan:

  • Locally Redundant Storage (LRS): opsi ini mereplikasi data Anda sebanyak 3 kali di data center yang ditempatkan di kawasan yang sama. Opsi ini adalah merupakan pilihan yang murah untuk melindungi data anda dari kerusakan perangkat keras.
  • Geo-Redundant Storage (GRS): opsi ini mereplikasi data Anda ke wilayah lain yang jaraknya puluhan kilo meter dari data anda ditempatkan. Biaya opsi ini lebih mahal bila dibandingkan dengan Locally redundant storage (LRS), dikarenakan Geo-redundant storage (GRS) memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Transfer Data Unlimited: Azure Backup tidak membatasi jumlah inbound maupun outbond data yang Anda transfer. Azure Backup juga tidak mengenakan biaya untuk data yang ditransfer. Tapi jika Anda menggunakan layanan Azure import/export untuk mengimport sejumlah data yang besar, ada biaya yang berkaitan dengan data yang masuk.

Enkripsi Data: Data di Azure memiliki enkripsi sehingga data yang disimpan dapat dipastikan aman, untuk kata sandi enskripsi anda yang menyimpan dan tidak pernah di simpan di Azure. Dan jika diperlukan untuk mengembalikan salah satu data, hanya Anda yang memiliki kata sandi enkripsi atau kunci data tersebut.

Aplikasi – Backup Konsisten: Azure menyediakan backup server, mesin virtual atau database SQL, aplikasi yang menjamin pemulihan data yang konsisten dan mengurangi waktu pemulihan data, sehingga memungkinkan Anda untuk cepat kembali ke keadaan semula.

Retensi jangka panjang : Anda dapat menggunakan Azure untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Azure tidak membatasi lamanya layanan waktu backup atau recovery service. Anda dapat menyimpan data di Azure selama yang anda inginkan. Azure Backup memiliki batasan 9999 point pemulihan yang diulangi. Detail retensi bisa dilihat di tabel dibawah:

Apabila Anda berminat untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai Azure Backup ini, silahkan mengirimkan email ke marketing@sistech.co.id.

 

 

Article via Microsoft.com