Linksys WRT32X Gaming Router dengan Dual Band

Sebagai salah satu produsen ternama yang membuat router dibawah kepemilikan Belkin, produk Linksys dimanfaatkan untuk menunjang koneksi data wireless antar jaringan yang berbeda maupun yang sejenis. Dibawah Belkin, Linksys melanjutkan inovasi dalam pasar home router.

Router sendiri mempunyai berbagai jenis tergantung pada fungsinya dalam jaringan perangkat yang ada, tetapi itu tentu bukan merupakan ulasan dalam tulisan di bawah ini.

Jaringan koneksi internet sekarang sudah menjangkau setiap rumah yang ingin terhubung tanpa putus dengan biaya yang terjangkau, membuat wireless router semakin populer untuk dipakai dalam meningkatkan performa trafik data agar bisa menikmati hiburan dan games online tanpa gangguan akibat komunikasi data yang tidak lancar. Ini terutama sangat sensitif bagi para pencinta games online. Segmen ini semakin besar sehingga ceruk pasarnya memang menggiurkan bagi produsen home and small business router.

Dalam menangkap dan memenuhi kebutuhan segmen gaming di Indonesia, Sistech Kharisma, IT solutions Indonesia menghadirkan Linksys WRT32X sebuah gelaran yang diadakan di Upnormal Coffee Roaster pada awal Desember 2017. Rasanya awal 2018 ini menjadi momen yang segar untuk berbagi informasi mengenai spesifikasi dan keunggulan yang ada pada WRT32X.

Peningkatan yang berbeda dengan seri sebelumnya, WRT3200ACM dan WRT1900AC adalah terintegrasinya teknologi Killer Priotization Engine (KPE) dalam firmware, yang memperkuat prioritas trafik data game guna mengurangi puncak ping hingga 77%, meminimalkan isu latensi atau delay, dan akan otomotis mendeteksi PC atau laptop yang sudah terpasang Killer networking card seperti Killer Ethernet (E2500 dan E2400) dan Killer Wireless (AC1535 dan AC1435) serta teknologi gabungan keduanya yakni Killer Double Shot Pro. Hal ini perlu dipastikan untuk memanfaatkan kemampuan yang ada pada Linksys gaming router ini.

Sebagai router dengan dual band (2.4 GHz dan 5 GHz), Linksys WRT32X sudah siap untuk memanfaatkan keuanggulan jaringan 5 GHz yang memiliki spekstrum sinyal yang lebih luas dan tidak memiliki banyak gangguan, dari perangkat elektronik yang banyak bekerja pada frekuensi 2.4 GHz. Kebutuhan bandwith yang besar dalam hal bermain game, streaming film atau transfer file akan terpenuhi dalam skenario ini.

Prioritas data gaming disetel pada panel menu WRT32X dengan mengaktifkan KPE. Menurut Rivet Networks yang menjadi penyedia solusi Killer Networking, seperti dikutip dari CNET.com, berikut adalah urutan prioritas otomatisnya.

Apabila Anda adalah seorang gamer professional atau seseorang yang menggeluti gaming sebagai kompetisi maupun ingin tampil unggul dibanding gamer lain, Linksys WRT32X merupakan pilihan ideal sebagai perangkat pendamping.

Dengan warna hitam tegas, 4 antena pendek dan ukuran yang kecil, 24,5 cm x 19 cm dan tinggi 5 cm, Linksys router ini memberikan sebuah tampilan atraktif di atas rak, kilau LED biru di depan untuk beberapa indikator bisa kedap kedip karena proses internal, namun dapat juga dimatikan melalui menu router.