Empat hal yang harus dimanfaatkan oleh bisnis kecil dan menengah dari transformasi digital

Era digital terus memperkuat pengaruhnya terhadap bisnis segala ukuran. Perusahaan besar terus-menerus ditantang oleh para kompetitor yang lebih inovatif dan lebih kecil. Organisasi yang mendominasi industri mereka selama berpuluh-puluh tahun tergeser hanya dalam semalam oleh model bisnis yang memberdayakan data. Dan teknologi yang tepat menentukan perbedaannya.

Untuk banyak perusahaan yang lebih kecil, cara tradisional dalam mengelola data mempersulit mereka mendapatkan modal dalam transformasi digital. Menyimpan sejumlah besar data secara lokal tidak diperbolehkan karena amat mahal, dan menggunakan alat untuk membuatnya bisa dilakukan merupakan tantangan lain.

Ada cara yang lebih baik. Dengan memindahkan data dan analisis ke layanan berbasis cloud, Anda dapat menghemat waktu agar tidak hanya berfokus untuk melindungi dan menyimpan informasi, namun lebih banyak fokus pada pemanfaatannya untuk mendapatkan keuntungan. Karena Anda hanya harus membayar yang Anda butuhkan, dan dapat menghindari pengelolaan infrastruktur dasar, layanan cloud merupakan platform teknologi yang ideal untuk bisnis kecil dan menengah.

Ada empat hal dasar yang perlu Anda pertimbangkan saat membuat fondasi data untuk transformasi bisnis digital:

  1. Cadangan data dasar: Jika Anda tidak mencadangkan data bisnis Anda yang berharga karena tindakan ini terlalu mahal atau rumit, Anda berisiko kehilangan aset kunci dalam meraih inovasi. Cloud membuat pencadangan hampir berapa pun jumlah data jadi cukup mudah, memberikan perlindungan pusat data tingkat perusahaan tanpa biaya atau kerumitannya. Microsoft Azure Backup adalah solusi terjangkau yang hebat yang bisa jadi cukup mudah untuk disiapkan dan digunakan oleh hampir semua bisnis.
  2. Perlindungan data yang komprehensif: Setelah Anda tahu bahwa data dicadangkan dengan aman di cloud, Anda harus mempertimbangkan bagaimana data dilindungi melalui solusi IT Anda. Langkah pertama adalah memastikan bahwa Anda menjalankan versi terbaru Windows di PC dan perangkat. Untuk perangkat seluler, pertimbangkan solusi seperti Microsoft Enterprise Mobility + Security, yang memungkinkan Anda mengelola berbagai perangkat dari satu layanan serta tetap memisahkan data perusahaan dan data pribadi. Memungkinkan karyawan menyelesaikan pekerjaan dari lebih banyak lokasi tanpa membahayakan keamanan bisa jadi sebuah keuntungan utama yang kompetitif.
  3. Penyimpanan data yang terukur: Setelah berkomitmen untuk mengumpulkan dan menggunakan data guna mengembangkan bisnis digital Anda, Anda mungkin mendapati bahwa Anda perlu lebih banyak lagi. Anda memerlukan cara yang terukur untuk menyimpan dan mengelola informasi—cara yang memadukan alat analisis yang membantu Anda membuat keputusan yang lebih cerdas. Azure Storage dapat mengukur berapa pun jumlah data dan dapat berfungsi dengan lancar dengan solusi seperti PowerBI dan Azure HDInsights.
  4. IT yang adaptif: Untuk mempersiapkan tren yang mengganggu, Anda harus bisa bergerak dengan cepat—sesuatu yang tidak dikenal oleh pendekatan tradisional terhadap IT. Dengan menggunakan layanan inti seperti email dan produktivitas melalui cloud (seperti dengan Office 365) dan memvirtualisasi aplikasi bisnis berbasis server di Azure, perusahaan Anda dapat terbantu mempersiapkan diri untuk merespons ancaman dan peluang dengan tangkas.

Menjadi bisnis skala kecil dan menengah tidak berarti Anda harus tertinggal dalam revolusi digital. Faktanya, kesuksesan saat ini lebih dipengaruhi oleh teknologi dan cara cerdas untuk memanfaatkannya. Pelajari lebih lanjut tentang platform cloud Microsoft dan caranya membantu Anda meraih kesuksesan dengan model bisnis digital baru.

Temukan layanan cloud terpadu, dari yang dasar hingga lanjutan, yang dapat mempercepat kesuksesan Anda. Pelajari lebih lanjut.

Office 365 adalah platform kolaborasi dan produktivitas yang kaya dan familier—cobalah, gratis.

Jika ingin mengetahui teknologi yang tepat untuk memulai transformasi digital dalam bisnis Anda, hubungi kami di +62-(21)-1-500-288 atau kirim email ke microsoftbisnis@microsoft.com.