9 Kiat Mendapatkan Pelanggan Baru dalam Bisnis Anda

Dalam mengelola bisnis sudah pasti akan ada banyak sekali permasalahan atau kendala yang dihadapi, salah satunya mengenai pelanggan. Apabila Anda merupakan pebisnis baru, mungkin mengalami kesulitan dalam hal mendapatkan pelanggan baru. Padahal segala upaya telah dijalankan dalam meraup keuntungan dari berbagai peluang usaha. Tunggu dulu, pernahkah Anda kembali mengecek dan introspeksi tentang cara kerja di dalam perusahaan? Bisa jadi terjadi kesalahan dalam kinerjanya atau bahkan produk yang ditawarkan.

Bukan Hanya Produk yang Bagus

Semua pebisnis profesional juga sudah tau benar jika para pelanggan tidak hanya menilai produk yang bagus. Mereka juga menilai bagaimana sebuah perusahaan mampu bekerja dan mengelolanya dengan baik atau tidak. Contohnya saja dalam hal promosi, jika strategi yang Anda gunakan salah atau kurang menarik maka sulit sekali mendapatkan pelanggan baru.

Dalam hal ini masalahnya sangat kompleks karena mendapatkan banyak konsumen menjadi masalah seluruh bagian perusahaan, bukan pada bagian promosi saja. Anda perlu memperhatikan berbagai macam hal mulai dari yang kecil sampai yang besar. Nah, di bawah ini berbagai tips untuk membantu Anda mendapatkan pelanggan baru:

  1. Evaluasi Ulang

Hal pertama yang wajib Anda lakukan agar bisa menarik pelanggan baru lebih banyak adalah evaluasi ulang. Ini penting sekali untuk melihat ulang kesalahan apa saja yang membuat bisnis Anda gagal.

  1. Ajak Meeting Klien dan Rekan Bisnis

Jangan lupakan untuk komunikasi dan konsultasi dengan klien serta para rekan bisnis Anda. Cara ini sangat membantu sekali untuk menemukan solusi tepat akan masalah yang dialami perusahaan. Agar meeting berjalan lancar maka Anda bisa gunakan berbagai macam fitur pada Microsoft 365 agar lebih mudah dan cepat. Misalnya Outlook Calendar untuk membuat agenda baru dan bisa langsung dibagikan pada peserta meeting. Kemudian ada Skype dimana sangat membantu sekali jika Anda tiba-tiba tidak bisa menghadiri rapat karena urusan penting. Anda bisa melakukan meeting kapanpun dimanapun serta bertatap muka secara langsung dengan Skype. Bahkan fitur ini bisa dibuka pada Word sehingga semakin memudahkan Anda.

  1. Menyusun Rencana Baru

Jika masalah sudah ketemu maka Anda harus menyusun rencana bisnis yang baru. Fitur Microsoft Office 365 yang dapat digunakan misalnya Word, Power Point, Exel, Share Point Online dan sebagainya. Anda juga bisa mencatat hal-hal penting pada fitur One Note dan membagikannya pada rekan bisnis secara langsung lewat email.

  1. Presentasi Produk Menarik

Jangan lupakan tentang presentasi yang menarik karena hal ini akan membuat pelanggan baru tertarik. Dalam Power Point di Microsoft Office 365 terdapat fitur baru yang bisa mempercantik tampilannya seperti Designer, Morf, dan Zoom.